Renungan akhir tahun...

Pagi-pagi seperti biasa, gw dan Ayah Budi suka minum kopi bareng atau klo kopinya abis minum teh sambil ngobrol ngalor ngidul. Entah pada pagi itu, adalah pagi dimana sisi mellow dan religius gw lagi keluar. Jadi keluarlah obrolan seperti ini :

Gw: Yah...Allah tuh baik banget ya sama kita. Dikasih sehat semua, dikasih anak yang lucu-lucu, orang tua masih lengkap dan sehat-sehat, dikasih rejeki (alhamdulillah cukuplah dan TIDAK KORUPSI) kamu dikasih kesempatan sekolah di sini, anak-anak bisa ikut dan sekolah disini juga, ya Allah...kurang baik apa lagi Allah sama kita ya Yah?

Ayah Budi (AB) (sambil baca koran e-papernya) Hmmm...iya.

Gw: (Mandangin suaminya, ngga sadar klo dicuekin) Yah....aku takut deh! Aku takut...kayaknya aku nggak sanggup deh kalo dikasih cobaan yang berat. Misalnya kehilangan orang tua atau anak-anak sakit parah (naudzubillah minzalik), duuuh...mudah-mudahan jangan sampe ya Yah!

AB: Iyaaa... (tetep sambil minum kopi n baca e-papernya)

Gw: Iiiiih...kamu tuh dengerin nggak sih klo istrinya lagi ngomong? (mulai kesel)

AB: (taro gTab dan mulai ngeliat istrinya yg manyun) Bu...Ibu itu jangan salah lho. Dikasih sehat itu cobaan, dikasih rejeki yang cukup itu juga cobaan. Cobaan nikmat namanya.

Gw: Heh? Cobaan nikmat? (glek..glek..glek..langsung diabisin kopinya)

AB: Gini lho...cobaan itu ada ada dua. Cobaan dikasih susah, kayak sakit, kehilangan orang yang kita sayangi, nggak punya duit dan pokoknya yang susah-susah deh. Nah...biasanya kalo gitu, kita ingat Allah, terus berdoa, ikhtiar. Pokoknya jadi memperbaiki tingkat keimanan kita, bagus lah pokoknya! (hehehe...gw rasa, Ayah Budi susah menjelaskan dalam bahasa per-ustad-an)

Gw: Oooh...terus jadi kita ini dikasih cobaan yang enak-enak gitu?

AB: Yaaa bisa dibilang kayak gitu, alhamdulillah. Tapi biasanya malah banyak yang nggak lolos cobaan nikmat ini. Karena mereka suka lupa untuk bersyukur. Dikasih sehat trus nggak jaga makan, dikasih rejeki tapi lupa untuk berbagi. Trus sombong, trus...pokoknya nggak inget sama Allah lah intinya.

Gw: (memandangi suaminya ngomong, nggak nyangka taunya Ayah Budi berbakat jadi ustad, hehehe...)

AB: Ya pokoknya, kita jangan lupa bersyukur sama Allah ya Bu, jangan lupa berdoa, sholat. InsyaAllah doanya didenger sama Allah. Tadi kamu sholat subuh nggak? (ngeloyor ambil anduk trus mandi...)

Gw: Enggak... (mata berkaca-kaca, pengen nangis)

Obrolan pagi ini bener-bener bikin gw merenung. Merenung...Setelah tahu segini banyak nikmat yang Allah kasih sama kita, sama keluarga kita, kenapa gw masih aja bebel...ya nggak sholat subuh-lah, sholat mepet-mepet jamnya. Sholat sunnah? Ealaaah...yang wajib aja nggak lengkap. Baca Al-Qur'an? Kalo lagi pengen doang. Puasa sunnah? Tunggu winter, yang magribnya cepet. Astaghfirullah...

Jadi apa yang telah kamu lakukan untuk menyikapi 'cobaan nikmat' dari Allah, Nis?
Ya mungkin, tingkat keimanan gw masih sangat jauh dari sempurna. Setuju banget sama kata Meta dan Ustadnya Meta di blognya (http://metariza.com/2011/12/contemplation-at-year-end/). Hidup itu pilihan, mau lo bawa SENANG atau SUSAH. Alhamdulillah...gw selalu berusaha mensyukuri apa yang telah Allah berikan sama gw dan keluarga gw. Tidak selalu mengeluh atas apa yang terjadi. Just a simple thing, mensyukuri hal-hal kecil itu akan membuat hidup lo lebih nikmat dan bahagia. Menikmati bangun pagi dengan sehat tidak kekurangan sesuatu apa pun, minum kopi bareng Ayah Budi, abis itu ngeliatin ulah bocah-bocah yang selalu ngeberantakin rumah, dicuekin Ayah Budi yang sibuk dgn laptopnya tugasnya (demi High Distiction, hahaha...). Itu nikmat yang luar biasa. Dan selama ini yang gw rasa, semakin lo bersyukur, semakin banyak nikmat yang dikasih sama Allah. Kalo di twitter DAMN_ITS_TRUE!!!

Setelah kamu udah bersyukur, apakah kamu juga sudah berbagi kebahagian-mu dengan orang lain? Terus...kalo sudah berbagi, pakah dengan kamu yang sekarang, kamu juga bisa bermanfaat untuk orang lain? Dan yang paling penting, dengan semua yang terjadi sama kamu, apakah kamu jadi sombong? (kata Pak Ustad-nya Meta)

Ya Allah, mudah-mudahan saya bisa menjawab semua itu. 
Semoga mulai hari ini dan masa yang akan datang, saya selalu diingatkan agar semakin dekat dengan-Nya, diingatkan untuk tetap lurus dijalan-Nya.

Ya Allah, tolong jangan jauh-jauh dari kami karena kami membutuhkan-Mu, selalu...
Ya Allah, tolong selalu bimbing kami, selalu...
(Amin YRA)

*Special thanks to : Ayah Budi, Metariza dan Pak Ustadnya Meta, you are trully inspiring... :)

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Opa & Oma datang ke Sydney

Andini, sekarang sudah 5 tahun usia-mu

26 January = Australia Day