2. Ketika mereka (Archie) datang...

Archie oh Archie...
Cerita tentang kehadiran Archie ini agak-agak nyeleneh dan cukup menjadi pembelajaran  bagi hidup kita, saya khususnya. 
Jadi ketika Andini usia 7 bulan, saya sudah mulai apply kerja lagi. Salah satunya adalah perusahaan minyak BUMN terbesar di Indonesia (you know lah). Tes lanjut terus, wawancara lancar, wuss wuss wuss...pokoknya SAYA YAKIN SEYAKIN-YAKINNYA bahwa saya pasti diterima di perusahaan ini. Jadi setelah wawancara itu, saya berencana untuk pasang IUD, karena kalo saya diterima pasti saya TIDAK BOLEH HAMIL selama masa pendidikan (which is 1 thn ke depan). Pergi dong kita ke dokter, bilang sama dokternya (masih inget banget apa yg saya bilang) gini:


Saya : Dok, kemarin kan saya abis tes PT X tuh, udah sampai tes terakhir yaitu wawancara. Kayaknya saya optimis deh Dok bakal diterima. 
Dokter : Oh ya?
Saya : Iya, yang wawancara itu asyik banget. Pokoknya enak deh kita ngobrolnya, nyambung. Kayaknya sih yaaa... 
Dokter : Jadi kamu mau pasang IUD?
Saya : Iya, pasang aja deh Dok. Kan kalo diterima nggak boleh hamil selama pendidikan.
DOkter : Ya udah deh kalo gitu.
bla bla bla dan akhirnya terpasanglah si IUD itu di dalam tubuhku (aiiiiihhh...bahasanya!).

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tapi kenapa si pengumuman belum ada juga ya? Pengumuman hasil tes itu harusnya awal Desember 2007, tapi sampe Jan 2008 belum ada juga, Feb juga gak ada. Tik tok tik tok...Oh okey...emang saya nggak lulus kali. Ya sudahlah mau diapain lagi, mungkin emang belum rejeki. And do you know what? Ditengah 'harap-harap cemas' saya pada waktu itu, saya dapat 'hadiah' yang gak disangka-sangka, yaitu SAYA HAMIL ANAK KEDUA. Iya...udah hamil 6 minggu bow (akhir januari). Eh eh eh...apa kabar si IUD itu yak? Apa kabar spiral yang katanya 99% mencegah kehamilan yak?
Dudududu....sudahlah, kan tadi udah dibilang, kalo Allah bilang JADI maka TERJADILAH!!! Lagi pula nothing to lose, toh saya juga nggak jadi kerja. Jadi mari kita nikmati masa kehamilan ini dan jangan lupa bilang ALHAMDULILLAH. 

Hmmm...drama kehidupan (halaaah) baru dimulai ketika pada awal Maret datang sebuah surat yang menyatakan bahwa ANNISA ALSI dinyatakan LULUS dan DITERIMA bekerja di PT X. Jeggeeeerrrrr....kemane aja lo dari kemarin ditungguin. Pada saat itu rasanya campur aduk, begitu dibuka, isinya adalah undangan untuk saya mengikuti kegiatan pendidikan sebelum mulai bekerja. Dan disitu tercantum dengan sangat jelas bahwa :
Bagi yang belum menikah, bersedia untuk TIDAK MENIKAH selama masa pendidikan
- dan bagi yang sudah menikah, bersedia untuk TIDAK HAMIL selama masa pendidikan

Langsung saya berfikir macem-macem, gimana caranya ya biar bisa tetap keterima dan bisa tetap kerja? Bayangin, saya sampe minta surat ke dokter SPog-nya yang menyatakan bahwa kehamilan saya ini sebenernya sudah dicegah, trus saya sampe nyamperin HRD-nya PT X itu dan bilang bhw nggak papa deh biaya melahirkan saya nggak ditanggung, nggak papa deh saya nggak cuti melahirkan yang 3 bulan itu. Gilaaa....beneran deh! Kalo diinget-inget, "apa yang ada di otak lo sih Nis sampe segitunya?" Dengan santainya si Pak HRD itu cuma bilang, "Nisa, kalo saya mengabulkan permintaan kamu (gak menanggung biaya RS dan tidak kasih cuti melahirkan) saya yang dianggap melanggar UU Tenaga Kerja. Sudahlah...kamu pinter (hueeeekkkk), kamu cantik (hueeeeekkkk lagi) dan kamu masih muda (klo ini bener, hehehe) kamu masih bisa dapat kerja yang lebih baik lagi. Hamil itu juga suatu bentuk rejeki dari Allah". 

Ya ya ya...emang betul banget omongan dia tapi kayaknya (pada saat itu) nggak ada artinya apa-apa buat saya. Begitu keluar gedung, ke parkiran, masuk mobil, trus saya nangis sekenceng-kencengnya. Hihihihi....drama queen amat yak? Bukannya nggak bersyukur atau menyesali kehamilan ini, saya cuma kesel aja sama aturannya si perusahaan itu. Tapi begitulah, mau bagaimana lagi. Abis nangis, saya langsung minta maaf sama Allah. Dan saya sadar, bahwa pada saat saya masang IUD itu saya sudah menjadi HAMBA YANG SANGAT TAKABUR dan beginilah hasilnya kalo orang takabur, diperingatkan sama Allah. Ya Allah...maaf kan aku yaaa. Ya sudahlah abis itu nyampe rumah udah ketawa-ketawa lagi deh sama si Kakak.


Tapi memang namanya rejeki itu nggak kemana, di saat kehamilan saya jalan 4 bulan, saya malah dapet telpon dari temen yang nyuruh apply di kantornya dia. Dan akhirnya saya diterima dan ditempatin di PT Y, perusahaan minyak juga yang skalanya lebih besar dari si PT X dan saya kerja disitu sampe melahirkan anak kedua saya.


Archie Athaillah Rajendra lahir 17 Sept 2008 di RSPP, alhamdulillah sehat, tidak kekurangan sesuatu apapun. Archie tidak kuning karena golongan darahnya sama kayak Ibu-nya dan mimi susunya pinter sekali. hihihi...
Terima kasih ya Allah sudah sangat baik sekali saya dan keluarga kecil saya. Semoga saya bisa menjadi Ibu yang baik, yang bisa menjaga dan mendidik anak yg dititipkan Allah kepada saya. Amin...


My baby boy!

How can I say no for all His blessings? *sniff-sniff*

Our lovely family

The End

Comments

Popular posts from this blog

between Economy & Express

26 January = Australia Day

1. Ketika mereka (Andini) datang...